0818-484-284 info@godigiting.com

Selaku owner UMKM, langkah awal untuk membangun strategi Digital Marketing adalah dengan menguasai terlebih dulu apa saja  channel-channel digital yang bisa digunakan dalam membangun bisnis dan brand.

Sering kali kita bisa terkecoh dengan berbagai hal di lingkungan digital dan membuat salah arah, untuk itulah perlu dibuat arah yang jelas dan mudah diikuti untuk bisnis kita, untuk itu mari kita mulai dengan membuat catatan 6 langkah mudah Go Digital Marketing untuk mempromosikan bisnis UMKM kita:

1. Media Sosial Marketing

Menurut sebuah laporan Social Media tahun 2020, 58% orang mengecek Media Sosial begitu mereka bangun, sehingga tidak mengherankan kalau 63% persen usaha kecil serta menengah yakin kalau investasi media sosial mereka berkontribusi pada kenaikan penjualan dalam 12 bulan ke depan.

Instagram maupun Facebook bisa anda gunakan dalam membangun komunitas prospek yang pada akhirnya dapat menjadi customer. Buat sosesial media anda bermanfaat untuk mereka, mulai dengan mengetahui siapa target market anda, apa yang merika minati dan buat konten media sosial untuk mereka.

2. Konten Marketing

Sebelum kita bahas lebih lanjut tahukah Anda apa itu konten Marketing?

Sederhananya untuk UMKM, konten merketing bisa didefinisikan sebagai wujud pemasaran yang berfokus pada pembuatan, penerbitan, serta pendistribusian konten untuk prospek yang ditargetkan secara online dengan tujuan akhir menarik mereka menjadi customer bisnis anda.

Sebagai contoh, bila Anda memiliki UMKM jasa renovasi rumah maka anda mulai menulis blog dan membagikan tips bermanfaat untuk prospek anda tentang hal- hal yang wajib mereka ingat dalam perawatan rumah, Anda bisa membangun ikatan dengan prospek yang akan memerlukan jasa perawatan dan perbaikan rumah mereka.

Dalam strategi marketing ini disebut top of funnel, Anda mulai mengarahkan prospek anda memasuki sebuat corong yang pada ujungnya akan menjadi arah perjalanan mereka menuju pembelian (Customer Journey).

3. Pemasaran video:

Tahukan anda bahwa dengan menyertakan sebuah Video dalam Landing Page, anda dapat meningkatkan rasio konversi hingga 80%? Jadi jika memungkinkan mengapa anda tidak melakukannya.

Berikut merupakan sebagian statistik lebih lanjut tentang keefektifan video dibanding wujud konten yang lain:

95% konsumen berkata kalau mereka menyaksikan video produk buat menekuni lebih lanjut serta 81% dari mereka percaya buat melaksanakan pembelian.

92% pengguna ponsel berkata mereka berbagi konten video.

76% bisnis dengan video produk berkata penjualan mereka bertambah.

99% bisnis yang tadinya memakai pemasaran video berjanji untuk melaksanakannya lagi tahun berikutnya, dengan 85% di antara lain melaporkan kalau video sangat bermanfaat dalam pemasaran mereka.

Seperti halnya Conten Marketing yang menjadi corong, maka Video Marketing juga menjadi salah-satu top of funnel yang menarik bagi prospek shingga lebih meyakinkan mereka untuk membeli produk ataupun jasa dari anda.

4. SEO Marketing

Search Engine Optimization ataupun SEO adalah metode marketing yang memanfaatkan search engine dalam mendapatkan prospek, metodenya adalah dengan membuat topik yang relevan pada sebuah kata kunci atau keyword yang digunakan prospek dalam melakukan pencarian di search engine. 

Perlu anda ketahui bahwa saat ini lebih dari 3, 5 miliyar pencarian dilakukan per hari di Google saja, ini berpotensi sangat besar untuk UMKM anda untuk ditemukan dalam pencarian prospek anda, yang perlu anda lakukan adalah mengoptimasi website anda sehingga tampil teratas dalam sebuah pencarian, SEO memiliki serangkaian strategi yang harus dibangun 3 hingga 6 bulan secara konsisten, anda bisa mengelolanya sendiri jika bisa atau dapat menggunakan Jasa SEO godigiting.com

5. SEM / Search Engine Marketing

Mirip dengan SEO, SEM merupakan strategi marketing menggunakan search engine tetapi keduanya memiliki cara yang sangat berbeda? sederhananya, Search Engine Marketing / SEM merupakan tipe berbayar dari SEO. Jadi dalam hal ini Anda mengiklankan web website Anda untuk berada di atas dalam sebuah hasil pencarian di serah engine.

Yang perlu anda lakukan hanyalah meriset terlebih dulu kata kunci / keyword apa yang akan anda targetkan, sehingga kata kunci tersebut cukup efektif dan relevan dengan jasa atau produk yang anda tawarkan tidak terlalu luas sehingga menghemat biayanya. Cara beriklan seperti ini juga bisa menggunakan Jasa Ads Google godigiting.com sehingga untuk UMKM baru bisa mendapatkan hasil lebih cepat dan efisien.

6. Email Marketing

Sebelum media sosial dan SEO sudah jadi sangat terkenal seperti saat ini, pemasaran email sudah terlebih dulu menjadi strategi marketing yang banyak diandalkan UMKM cara ini masih menduduki peringkat cukup penting dalam pemasaran yang efisien dalam menjangkau prospek anda. Kenyataannya, lebih dari 55% bisnis masih menganggap email marketing memiliki ROI terbaik dari cara iklan mereka.

Bagaimana sobat, apakah cukup jelas bagaimana anda memulai mendigitalkan UMKM anda? jika masih mengalami kesulitan silakan hubungi kami di info@godigiting.com gratis konsultasi dan dapatkan penawaran menarik lainnya.

 

Selamat Berbisnis